BTS Bertenaga Angin

Thursday, March 17, 2011
Sebuah konsep BTS dengan optimalisasi energi diperkenalkan oleh provider telekomunikasi asal Swedia, Ericsson. Tenaga angin digunakan sebagai sumber energinya.

Konsep tersebut dikembangkan Ericsson untuk BTS Tower Tube, bekerja sama dengan Vertical Wind AB dan Universitas Upsala di Swedia untuk menghadirkan solusi telekomunikasi yang hemat
biaya.
BTS ini memanfaatkan tenaga angin melalui empat bilah turbin sepanjang lima meter yang terkait secara vertikal ke menara. Rotor bilah vertikal
bergerak dengan tidak menimbulkan suara dan akan meminimalkan beban BTS pada saat beroperasi.

Dikutip detikINET dari keterangan pers, BTS Tower Tube tidak memerlukan sistem feeder dan pendingin. BTS ini diklaim 40 persen lebih hemat energi dibanding BTS tradisional, sehingga dapat menghemat biaya operasi operator.

Kombinasi tenaga angin dengan BTS Tower Tube Ericsson ini, menurut Ulf Ewaldsson selaku VP dan Head of Product Area Radio Ericsson, diyakini dapat mendukung komunikasi bergerak baik di daerah perkotaan maupun di daerah terpencil yang tidak mempunyai atau memiliki akses terbatas pada tenaga listrik.

Sumber : Dewi Widya Ningrum - detikinet

0 comments:

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

 
SHUFINFO [dot] com Copyright © 2011